Friday, January 15, 2016

Apa Sih Bitcoin Itu?

Halo sebelumnya saya sering ngebahas tentang PTC yang penghasilannya menggunakan mata uang dunia (biasa) entah dollar atau rupiah. Nah sekarang saya mau memperkenalkan mata uang bitcoin, yaitu mata uang yang berlaku hanya di dunia digital namun bisa juga di transfer ke mata uang REAL ($, Rp, dll.)

Berikut ada sedikit penjelasan tentang bitcoin:
Bitcoin (BTC) adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal dimana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Nah, jadi bitcoin ini bisa dibilang tidak terlalu terpengaruh oleh keadaan ekonomi dunia (krisis, tragedi, bencana, dll.). Maka berinvestasi dengan mata uang bitcoin bisa dibilang sangat menjanjikan.

Pengumpulan bitcoin bisa dilakukan dengan: 
  1. Mining (dengan hardware)Melalu pool yang sudah disediakan oleh suatu web, biasanya diperlukan hardware yang disebut Application-specific integrated circuit (ASIC) yang mana memerlukan modal yang lumayan + biaya listrik untuk running hardwarenya. Namun, apabila anda menerapkan strategi yang tepat dalam mining, anda dapat memperoleh keuntungan yang besar melalui hardware mining tersebut.
  2. Mining (Sewa Hardware Online): Garis besarnya caranya sama seperti cara yang pertama, namun tanpa melalui pembelian hardware. Anda hanya perlu menyewa hardware dari web mining (entah pertahun, perbulan) yang harganya tidak terlalu mahal, serta anda tidak perlu repot-repot setup hardware dan pusing memikirkan biaya listrik.
  3. Faucet: Nah cara yang ketiga ini bisa dibilang completely free, anda hanya perlu memainkan permainan di suatu web bitcoin yang menyediakan faucet. Biasanya berhadiahkan satoshi (subsastuan bitcoin) dan ditentukan waktu tunggu per claim satoshi.
Nah mudah-mudahan informasi diatas bisa membuat kalian sedikit memiliki gambaran tentang apa sih bitcoin itu. Semua bisa karena biasa, gak ada salahnya kita coba-coba mining bitcoin sambil belajar terus menerus. Bisa juga sambil main faucet bitcoin ditambah lagi mainan PTC, aliran dana masuk ke anda juga akan semakin besar.

Salam sukses,
Jika ada pertanyaan/pendapat bisa langsung comment atau ke halaman contact 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar seputar post di atas
No SPAM please